Friday, August 18, 2017

Trik Dasar Cara Tunning (stem) Gitar

Trik Dasar Cara Tunning (stem) Gitar


Hai sobat gitar sekalian, kali ini saya mau sharing tentang bagaimana cara dasar tunning gitar. Sobat sudah punya gitar? Pengen mainin tapi masih bingung cara tunning nya? Sebelum kita masuk cara tunning gitar, terlebih dahulu sobat harus tahu nada atau key apa saja yang berbunyi di setiap senar gitar yang telah di tunning, cara membaca nada disetiap senar ini dimulai dari senar nomor 1 (senar paling bawah), sampai senar 6 (paling atas), jadi key nya adalah E-B-G-D-A-E atau biar mudah menghafalnya, bisa pakai cara dari mas Is Payung Teduh yaitu dengan merubahnya menjadi kalimat (Enak-Banget-Gulai-Daging-Ayam-Euy), setelah sobat mengetahui nada dari setiap senar, sekarang langsung saja kita simak bersama trik dasar tunning gitar.

Trik pertama
Sobat bisa menggunakan bantuan gitar lain yang sudah di tunning, tentunya dilakukan dengan dua orang, minta bantuan temen sobat, setelah itu, sobat bisa menyesuaikan suara dari setiap senarnya, dimulai dari senar nomor 1, cara ini selain mudah, juga bisa melatih kepekaan telinga kita terhadap suatu nada.

Trik kedua
Menggunakan keyboard atau piano dan sebagainya, dengan menekan nut piano pada nada yang berbunyi E-B-G-D-A-E (pilih nada middle pada piano), kemudian sesuaikan dengan gitar sobat sekalian.

Trik ketiga
Trik ini dilakukan secara mandiri :
  •     Petik senar nomor 1 sambil kencangkan senar namun jangan terlalu kencang, karena senar nomor 1 ini rawan putus
  •       Setelah itu, tekan senar nomor 2 pada kolom 5, samakan suara dengan senar 1
  •           Lalu tekan senar 3 pada kolom 4, samakan suara dengan senar 2
  •          Tekan senar nomor 4 pada kolom 5, samakan suara dengan senar 3
  •          Tekan senar nomor 5 pada kolom 5, samakan suara dengan senar 4
  •      Terakhir tekan senar nomor 6 pada kolom 5, samakan suara dengan senar 5, kemudian coba mainkan beberapa chord, selesai.


itulah trik dasar tunning gitar yang dapat saya sampaikan, jika sobat masih bingung ada cara lain, yaitu dengan menggunakan tunner, bisa dibeli di toko alat musik, atau bisa download aplikasinya di smartphone anda. Untuk kritik dan saran sobat bisa isi di kolom komentar, Terimakasih dan salam petik.

No comments:

Post a Comment

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...