Sunday, September 17, 2017

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaranya adalah Pick yang dalam bahasa resminya disebut “plectrum” peran Pick dalam bermain gitar juga cukup penting, seperti yang kita ketahui bersama, fungsi dari Pick ini adalah untuk membatu sobat dalam memetik gitar, dengan menggunakan Pick dapat menghasilkan sound gitar yang lebih jernih, dan renyah, lain halnya jika kita hanya menggunakan jari atau kuku saja, terkadang sound yang dihasilkan kurang renyah, bahkan menimbulkan suara ngebuzz yang disebabkan kuku kita yang tanpa sengaja menempel ke senar gitar ketika dimainkan, nah seperti yang kita ketahui bersama, Pick gitar sendiri memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda, tentunya semua itu di sesuaikan dengan kegunaannya, jika sobat gitar masih belum mengetahui, atau sudah pernah melihat bentuknya namun belum mengerti namanya, langsung saja mari kita bahas bersama-sama. baca juga Cara Memilih Senar Gitar

Jenis-jenis Pick Gitar
1.Flat Pick
Flat pick adalah Pick yang banyak dipakai dan paling sering kita jumpai sehari-hari, banyak juga diantara sobat gitar yang kreatif, bahkan membuatnya sendiri dengan menggunakan palstik bekas tempat kartu perdana, atau dari tutup gallon (pengalaman pribadi haha).


2.Thumbpick
Pick jenis ini biasanya untuk sobat pemain fingerstyle, cara menggunakannya adalah denga memasukkan ke ibu jari, layaknya cincin dan digunakan untuk membantu memetik senar yang dipetik menggunakan ibu jari, atau dalam fingerstyle biasanya untuk memetik bass nya.


3.Fingerpick

Fingerpick adalah pick yang digunakan dengan memasangkannya ke semua jari tangan, tapi hanya jari di tangan kanan (yang digunakan memetik bagi yang kidal) bukan dipasangkan di kedua jari tangan, jika demikian dijamin sobat tidak akan jadi bermain gitar namun justru jadi penari reog haha, nah pick jenis ini biasanya digunakan pemain gitar klasik, ataupun fingerstyle, dengan menggunakannya suara yang dihasilkan akan jauh lebih renyah dan mempermudah sobat untuk memetik gitar.

Ukuran Ketebalan Pick
Nah setelah sobat tau tentang jenis-jenis pick dan kegunaannya, sekarang mari kitacari tahu macam-macam ukuran pick itu sendiri, cekidot.

1. Extra Light (di bawah 0,40 mm)
Ukuran pick gitar yang paling tipis. Cocok untuk permain akustik dan bermain strumming (genjrengan) karena dengan menggunakan ukuran ini, dapat menghasilkan suara yang lebih lembut khas dari sound akustik.

2. Light/Thin (0.45 mm - 0.69 mm) 
Sebenarnya ukuran pick ini bisa dipakai buat gitar apa saja, yang penting bisa nyaman saat sobat menggunakannya.

3. Medium (0.70 mm - 0.84 mm) 
Pick yang berukuran. Pick yang berukuran antar 0.70 – 0.84 sangat baik umtuk pemula dalam belajar gitar dan cocok untuk semua teknik termasuk genjreng dan petikan. Picks menengah cenderung  pilihan untuk memetik gitar akustik, karena bisa menyeimbangkan dan menunjukkan suara asli dari gitar tersebut, biasanya digunakan para gitaris pop.

4. Heavy/Thick (0,85 mm - 1,20 mm) 
Pick dengan ukuran yang lebih berat memberikan kontrol, dan volume yang jelas. Pick ini biasanya cocok untuk permianan musik rock, metal, hardcore dll. Dengan meningkatkan jangkauan dinamis karena gaya memetik lebih tinggi untuk rasio tali getaran.

5. Extra Heavy (1,22 mm dan di atas) 
Picks Extra Heavy dengan ukuran lebih dari 2,0 mm. Ini adalah pick gitar jazzy dan pick bass, dirancang untuk memberikan kekuatan volume yang lebih tinggi, kuat, jelas serta ketelitian. Hati-hati, kalo pake pick ini, kalau tidak bisa memakainya, bisa-bisa senar gitar sobat bisa putus.

Tips Memilih Pick Gitar
Untuk memilih Pick gitar sebaiknya sobat menyesuaikan dengan kebutuhan dan cara bermain sobat sekalian, langsung saja berikut tips dan triknya.

1.Jika sobat bermain music metal, rock, hardcore, soobat bisa menggunakan pick yang agak tebal agar suaranya lebih jelas, dan power yang dihasilkan lebih kuat.

2.Untuk sobat yang bermain rhythm gunakan pick yang berukuran sedang.

3.Untuk lead, baik dimusik rock atau jazz, gunakan pick yang tebal (heavy/extra heavy).

4.Untuk sobat akustikers, pick yang paling baik adalah dengan menggunakan pick yang tipis, karena dengan menggunakan pick ini, sound hasil strumming akan terasa lebih nyaring dan renyah khas akustik.

5.Dan terakhir, tentunya sobat harus memilih pick yang menurut sobat nyaman untuk digunakan, karena yang keren akan kalah dengan yang nyaman hehe.

Nah sekian tips dan trik dari saya, sekian dan untuk kritik atu saran, sobat bisa tulis di kolom komentar, terimakasih.

2 comments:

  1. Terimakasih info dan artikelnya, sangat bermanfaat sekali. Ditunggu artikel menarik selanjutnya, kunjungi juga website kami https://www.joebillyguitars.com/
    sukses selalu :)

    ReplyDelete
  2. mantap om, lagi cari refrensi buat blog
    https://rabihaccnews.blogspot.com/

    ReplyDelete

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...