Monday, August 21, 2017

Cara Merawat Gitar Kamu Agar Awet

Cara Merawat Gitar Kamu Agar Awet




sobat gitar sekalian pernah mengalami neck gitar bengkok, suara gitar berubah, pick up yang berkarat, senar gitar mudah berkarat, nah itu semua di sebabkan oleh bagaimana cara sobat sekalian memperlakukan gitar tersebut, bukan hanya si dia, gitar juga perlu diperlakukan dengan kasih sayang dan ke lemah lembutan loh,  maka dari itu sobat sekalian, disini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana merawat gitar kesayangan kamu agar awet dan tetap sama seperti saat pertama bertemu, langsung saja kita simak bersama. Baca juga Belajar Gitar Otodidak? Gak Ada Salahnya!

Perhatikan Cara Peletakan Gitar
cara peletakan gitar sangat perli diperhatikan, karena jika salah dalam peletakannya maka akan sangat fatal akibat yang akan di timbulkan, seperti yang paling rawan adalah neck yang bengkok, bahkan body gitr pun bisa tergores, cara peletakan gitar yang benar adalah dengan menggantungnya, sobat bisa menggunakan gantungan gitar (yang biasa di tempelkan ke dinding), bisa juga mengunakan stand gitar yang menggantung, bukan yang menyender, atau jika sedang dipakai dan ingin rehat sejenak sobat bisa meletakkan gitar dengan menyenderkan ke dinding dalam posisi wajah gitar (yang ada senarnya) menghadap ke dinding, itu bisa sedikit mengurangi resiko neck yang bengkok.

Selalu Lap Senar Setelah Memainkan
Jangan lupa untuk selalu mengelap Senar gitar setelah sobat memakainya, kenapa? karena kotoran atau keringat yang ada di jari sobat bisa menempel dan tersangkut di senar, itu mengakibatkan senar akan cepat berkarat dan cepat putus, pengelapan ini bisa dilakukan dengan menggunakan kain halus (saya biasanya menggunakan kain untuk lap lensa kacamata) lap senar satu persatu, pastikan semua bagian senar tersapu, atau biar lebih bersih, sobat bisa menggunakan juga cairan khusus senar gitar yang bisa dibeli di toko musik kesayangan sobat.

Angin-anginkan Gitar 
jika sobat menyimpan gitar didalam ruangan usahakan jangan terlalu lama didiamkan di dalam suhu ruangan, karena bisa berakibat gitar sobat berjamur, dan pick upa akan berkarat, keluarkan gitar sobat setidaknya seminggu atau dua minggu sekali, angin-anginkan sambil sobat mengelap gitar tersebut

Jika Gitar Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Lama
sobat, jika memang sobat tidak menggunakan gitar dalam waktu yang cukup lama, entah karena sobat tidak ada job, atau akan pergi keluar kota, simpan gitar sobat baik baik, masukkan gitar sobat kedalam case, kalau ada lebih baik menggunakan hardcase, atau jika sobat tidak memiliki hardcase, masukkan saja kedalam softcase atau gigbag nya, kendurkan semua senar jangan sampai sobatmembiarkan gitar dalam waktu yang lama dengan kondisi senar masih kencang, itu bisa menyebabkan bengkoknya neck karena tertarik oleh senar, meskipun kemungkinan terjadinya kecil, alangkah baiknya dilakukan untuk pencegahan.

demikian sobat sedikit tips yang bisa saya berikan, untuk kritik dan saran, sobat bisa tulikan di kolom komentar, terimakasih.

3 comments:

  1. Sebenarnya tips yang disajikan sangat praktis dan mudah, tapi suka lupa diterapkan mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah padahal hal-hal kecil seperti itu justru bisa berdampak fatal gan hehehe, tetap semangat bermusik gan :)

      Delete

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...