Sunday, September 10, 2017

Belajar Gitar Otodidak? Gak Ada Salahnya!




Belajar Gitar Otodidak? Gak Ada Salahnya!


Hai hai sobat gitar, kali ini saya mau sharing tentang belajar gitar secara Otodidak, nah sobat pengen banget bisa main gitar? Tapi gak tau harus belajar dimana? Mulai dari mana? Belajar sendiri aja! Menurut saya dengan belajar secara Otodidak bisa lebih faham dan hasilnya lebih memuaskan, karena ketika kita belajar sendiri kemudian ada chord, atau teknik yang susah untuk diaplikasikan, kita akan cenderung lebih gemas dan penasaran untuk dapat menguasainya, dengan tanpa adanya tekanan dari orang lain, atau tuntutan sekian hari harus sudah bisa melakukan teknik A, B, C dst, alhasil karena kita belajar dengan keinginan sendiri hasil yang didapat akan lebih memuaskan, nah untuk itu ada beberapa tips buat sobat sekalian agar ketika belajar gitar secara Otodidak dapat maksimal. Baca juga Istilah-istilah Dalam Bermain Gitar

Rubah Mindset
Ini yang paling penting, banyak diantara sekian orang ketika belajar gitar, pasti berfikir “kapan bisanya sih main gitar, ribet amat” wuuuuh jangan sekali-sekali sobat berfikir demikian, karena jika sudah muncul pemikiran itu, justru ketika sobat berlatih akan cepat emosi dan kesabaran juga akan cepat habis, akhirnya latihan sobat akan berubah menjadi tragedi, lantaran kesabaran sobat sudah habis dan masih belum bisa bermain gitar, hingga berujung pelampiasan dengan memukul gitar yang tidak bersalah, marah-marah sendiri, sampai bunuh diri (pengalaman pribadi hehehe), dan akhirnya tidak jadi melanjutkan berlatih, dan tanpa disadari akhirnya menunda waktu sobat untuk bisa bermain gitar, jadi mulai sekarang rubah mindset sobat dan nikmati prosesnya.

Jangan Terburu-buru
Jika sobat berlatih gitar secara Otodidak ada baiknya sobat memulai dari yang paling mudah dulu, misalkan saja belajar chord-chord dasar, senam jari, belajar transisi (perpindahan) dari chord satu ke chord yang lain, jangan sampai sobat kepingin langsung bisa jago seperti Jimi Hendrix, waah semua orang juga pasti menginginkan demikian, namun itu sama sekali tidak mungkin terjadi loh hehe, setiap hal untuk menjadi sempurna pasti juga memerlukan proses, jadi alangkah baiknya jika sobat mulai dari yang mudah dulu perlahan-lahan hingga akhirnya belajar teknik lain yang lebih sulit.

Atur Jadwal
Berlatih gitar jga bisa lebih efektif jika waktu berlatih terjadwal, nah keuntungan sobat jika berlatih gitar secara otodidak, selain hemat biaya, tidak ada batas waktu,  tidak ada kejar-kejaran waktu, ataupun bentrok waktu dengan kegiatan sobat lainnya, sobat bisa mengatur jadwal sobat sendiri, untuk bisa maksimal minimal sobat dalam sekali berlatih adalah satu jam, namun satu jam tidak akan terasa jika sobat serius dalam berlatih.

Buat Target
Membuat target juga bisa memaksimalkan berlatih sobat, misalkan dengan cara, hari ini saya harus bisa memainkan teknik ini, dengan begitu sobat bisa lebih berfokus dan tidak berubah-ubah dalam sekali berlatih, usahakan kuasai dulu satu teknik, baru kemudia berganti ke teknik yang lain.

Cari Sumber Untuk Memperluas Pengetahuan
Zaman sekarang untuk mencari sumber ataupun mencari tahu apapun yang kita inginkan sangatlah mudah, dengan adanya internet semua yang sulit akan menjadi mudah, nah sobat bisa membuka youtube dan mencari tutorial-tutorial dalam bermain gitar, dengan begitu sobat bisa belajar secara visual dan bisa lebih mudah dalam memahami setiap gerakan atau tekniknya.



Sekian sobat, mudah-mudahan bermanfaat, untuk kritik dan saran bisa sobat tulis di kolom komentar, terimaksih.

No comments:

Post a Comment

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...