Wednesday, August 23, 2017

Efek Gitar Digital atau Analog?

Efek Gitar Digital atau Analog?
Efek gitar merupakan suatu perlengkapan untuk bermain gitar yang tentunya tidak boleh ditinggalkan, guna menunjang permainan gitar sobat, tentunya membutuhkan efek gitar, efek gitar sendiri ada 2 macam, yaitu efek digital dan efek gitar analog, apa sih efek gitar digital atau analog itu? Lalu mendingan mana efek digital atau analog? Pertanyaan sobat itu mari kita kupas sama sama disini. Baca juga Mengenal Bagian Gitar dan Fungsinya

Efek Digital (mulltieffect)




Efek gitar digital didalamnya terdapan berbagai jenis efek yang tersedia hanya dalam satu perangkat, dan tentunya lebih ringkas.

Keunggulan
keunggulan sendiri dari Mulltieffect ini adalah :
  • Harganya lebih murah dan memberikan keuntungan bagi sobat gitar sekalian, karena dengan harga yang bershabat kita sudah bisa mendapatkan berbagai macam efek yang bisa kita gunakan.
  • Banyak fasilitas pendukung seperti metronome, tunner, recorder, sampling instrument dan lain-lain
  • Lebih ringkas, fleksibel, dan portable, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Kekurangan
Tentunya segala sesuatu pasti memiliki kekurangan, begitupun efek digital ini, berikut adalah kekurang Mulltieffect digital :
  • Yang paling banyak dirasakan adalah suara yang dihasilkan kurang natural dan kurang bersih, bahkan terlalu banyak jenis efek yang suaranya cenderung aneh, sehingga banyak gitaris yang enggan untuk menggunakannya.
  • Cara pengoprasian yang susah, iya memang efek jenis ini susah untuk di operasikan, karena dari setiap merek memiliki cara pengoperasiannya sendiri, berbeda merek berbeda juga pengoperasiannya.
  • Mudah rusak, sebagaimana halnya produk digital lain yang mudah rusak bisa disebabkan tegangan listrik yang masuk tidak sesuai, atau terlalu besar, bisa mengakibatkan rusaknya mulltieffect ini, jadi untuk perawatan juga tergolong rumit.


Efek Gitar Analog (Stompbox)
Efek jenis ini hanya memiliki satu jenis karakter suara saja dalam satu perangkatnya, sehingga untuk menghasilkan berbagai macam sound, diperlukan lebih dari satu perangkat seperti Overdrive, Distortion, Delay, Echo, Metalzone, Phaser, Chorus, Wah, dan lain sebagainya, yang biasa disusun satu persatu sesuai dengan sound apa saja yang di butuhkan.

Efek analog ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya Stomp Box yang berupa kotak-kotak kecil, atau banyak yang bilang efek kodok, ada juga efek Rack System, sesuai dengan namanya, efek ini disusun secara pararel seperti rack dan ukurannya besar-besar.

Kelebihan
  • Efek ini memiliki suara yang lebih natural, settingan suara juga bisa kita rubah sesuai selera kita masing-masing
  • Cara pengoperasiannya cukup mudah, karena jika ingin memilih karakter suara mana yang akan kita gunakan, kita dapat langsung memilih dari jenis perangkatnya sendiri.
  • Parameter efek yang lebih detail, sehingga kita akan sangat leluasa dalam men-setting sound sesuai keinginan kita.

Kekurangan
  • Harga yang lebih mahal, karena dalam satu perangkat dan satu jenis karakter efek, kita diharuskan merogoh kocek mulai dai 1-3 juta rupiah, belum lagi jika kita ingin membeli lebih dari satu efek, kita juga harus membeli perangkat pendukungnya, seperti pedalboard, kabel, dan lain-lain.
  • Tidak praktis, karena kita diharuskan merangkai sendiri dari satu-persatu jenis efek tersebut, untuk menghasilkan berbagai jenis sound yang kita inginkan
  • Walaupun cara pengoperasiannya mudah, untuk mendapatkan sound yang baik cenderung lebih susah, karena parameternya sangat detail, sehingga kita harus lebih jeli dalam men-setting nya,

Jadi sobat, semua kembali lagi pada selera, dan kebutuhan sobat sekalian, menggunakan efek analog atau digital, semua tergantung diri kita masing-masing.

Sekian yang bisa saya bagikan pada sobat gitar sekalian, untuk kritik dan saran bisa tuliskan di kolom komentar, terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...