Thursday, September 14, 2017

Cara Memperbaiki Suara Gitar Nge-Fret Secara Mandiri

Cara Memperbaiki Suara Gitar Nge-Fret Secara Mandiri
Suara gitar menjadi banyak yang nge-fret bukanlah hal baru bagi para gitaris, bahkan masalah ini menjadi yang paling sering terjadi di dunia pergitaran, sobat gitar pasti pernah mengalaminya, padahal sobat sudah sangat berhati hati dan merawat gitar sobat dengan baik, namun masalah ini kerap terjadi, nah kali ini saya mau berbagi sedikit ilmu bagaimana pertolongan pertama untuk suara gitar yang nge-fret, tapi sebelumnya terlebih dahulu mari kita bahas apa saja penyebab sehingga suara gitar menjadi banyak yang  nge-fret.

Penyebab Suara Gitar Nge-Fret
Lagi asik-asiknya sobat main gitar, tapi ketika sobat memainkan melodi dan ternyata pada kolom-kolom tertentu suaranya menjadi nge-fret, tentunya hal ini sangat menyebalkan, bahkan sobat sudah menggantinya dengan senar yang baru, namun tetap saja suara itu tidak hilang, sobat… penyebabnya bukanlah senar, meskipun berpengaruh, namun suara ngefret akibat senar hanya karena senar sudah berkarat, lalu apa penyebab sebenarnya?

1.Neck Gitar Bengkok

Penyebab paling utama adalah neck gitar yang bengkok meskipun bengkoknya hanya sedikit, namun itu sangat berpengaruh dan dapat berakibat suara gitar menjadi nge-fret, maka dari itu jika suara gitar sobat nge-fret langsung saja cek neck gitarnya, adapun cara mengetahui neck bengkok atau tidak, sobat bisa menekan senar 6 di fret 1, dan fret terakhir, lihat apakah jarak senar terlalu jauh dari fret, atau terlalu menempel, atau dengan cara kedua, cara convensional, sobat bisa melihat neck dari bagian bodi gitar dengan cara memejamkan salah satu mata, dan “mengintip” dari bagian tempat mengaitkan starp gitar, lihat apakah senar terlalu jauh atau terlalu dekat dengan fret, neck bengkok ini bisa terjadi karena perlakuan sobat terhadap gitar itu sendiri, mulai dari peletakan yang sembarangan, hingga gitar terjatuh.

2.Fret Tidak Rata

Dalam artikel sebelumnya, fret gitar adalah garis-garis pembatas yang terbuat dari metal, yang terdapat pada neck gitar, nah jika bagian ini tidak rata, terkadang ada yang masih belum menancap secara sempurna atau terlalu menancap, ini bisa berakibat suara gitar yang menjadi nge-fret

Cara Mengatasinya
Nah, setelah sobat mengetahui penyebab-penyebabnya sekarang kita cari tahu bagaimana cara memperbaiki masalah-masalah diatas, cekidot.

Memperbaiki Neck Bengkok

Sobat.. didalam neck gitar terdapat sebuah besi memanjang yang disebut truss rod, nah disinilah peran truss rod, pada gitar elektrik di bagian headstock, biasanya terdapat segitiga kecil dari plastik, itu adalah penutup truss rod, buka bagian itu kemudian dengan menggunakan kunci “L” kendurkan semua senar terlebih dahulu, untuk meluruskan, putar truss rod ke atas, jangan terlalu banyak setidaknya sampai suara senar tidak mati atau nge-fret lagi, memutar truss rod ke atas adalah untuk meluruskan (membengkokkan kebelakang atau kea rah tubuh kita) jika memutar kebawah untuk membengkokkan kedepan atau berlawanan tubuh kita. Nah pada gitar akustik biasanya truss rod ini berada di bawah neck, dekat lubang gitar, untuk caranya masih sama saja dengan yang diatas.



Memperbaiki Fret Tidak Rata
Siapkan amplas yang tidak terlalu kasar, gosokkan pada fret yang tidak rata hingga suaranya tidak nge-fret lagi, atau dengan menggunakan palu, ketuk-ketuk fret yang tidak rata tapi jangan terlalu keras, sampai suara tidak nge-fret lagi.

Namun jika sobat ragu untuk melakukannya sendiri, atau takut gitar justru bertambah parah, lebih baik bawa saja ke tempet servis gitar langganan sobat.

Sekian tips dari saya, untuk kritik dan saran bisa sobat tuliskan di kolom komentar, terimaksih.

8 comments:



  1. Ayo Gabung bersama kami di DOMINO206(.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer
    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.
    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    - domino206.net
    - dominopelangi.net
    - pelangidomino.com

    Bank: BNI, BCA, BRI, MANDIRI dan DANAMON
    Pusat Game:Bandar66|BandarQ|AduQ|Bandarpoker|CapsaSusun|
    Domino99|Poker|Bandarsakong|

    $$$$ DOMINO206.NET $$$$
    #Poker
    #AduQ
    #BandarPoker
    #BandarQ
    #CapsaSusun
    #Domino99
    #Sakong
    #Bandar66
    #DPMinim
    #WDBesar

    ReplyDelete
  2. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di https://www.joebillyguitars.com/
    . Sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Mau tanya gan....klo ngefretnya hanya satu senar saja. Itupun di senar nomer 1, kolom ke 14, dan sekarang malah tambah ke kolom 2 dan 3, masih di senar yg sama.bagaimana solusinya ? Maksih

    ReplyDelete
  4. Senar gitar saya nge freet semuanya di senar 4 ,Semuanya nge freet,Itu penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
  5. Kalo gitar saya gak ada truss rod gmn kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya kok gaada truss rodnya kak,saya harus bagaimana? Ini nadanya fals smua

      Delete
  6. Apakah memutar trush rod bisa diubah semau kita

    ReplyDelete

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...