Friday, August 18, 2017

Tips dan Trik Memilih Gitar Elektrik

Tips dan trik memilih gitar elektrik


Untuk dapat bermain gitar, tentunya ada berbagai cara, teknik, dan pengetahuan yang cukup, namun meskipun kita menguasai yang sudah saya sebutkan diatas tadi, tidak akan ada artinya jika kita tidak memiliki gitar, ya.. emang mau main apaan kalo gaada gitar? namun tentu saja kita ingin gitar yang awet maka kita harus merawat nya dengan baik cara merawat gitar agar awet
nah sobat gitar sekalian, langsung saja disini saya mau sharing tentang bagaimana cara memilih gitar elektrik yang bagus, dan tentunya sesuai kantong sobat sekalian, yuk langsung saja kita simak di bawah ini :

1.      Cari informasi sebanyak mungkin
Nah sebelum sobat gitar sekalian membeli gitar yang sudah di idam-idamkan, ada baiknya sobat mencari informasi sebanyak mungkin tentang gitar tersebut, sobat bisa Tanya langsung kepada teman-teman sobat yang sudah expert tentang gitar, atau bisa juga browsing di internet, sobat bisa mencari bahan apa yang digunakan, pick up jenis apa (yang tentunya sesuai dengan kebutuhan genre musik sobat sekalian), harga, dan lain sebagainya, atau cari gitar lain yang untuk sobat compare untuk menjadi perbandingan.

2.      Jalan-jalan ke toko alat musik
Jika sobat sudah menemukan dan sudah memahami tentang sang pujaan, langsung saja, datang ke toko alat musik kepercayaan sobat, jika sudah menemukan gitar pujaan, coba pegang, rasakan apakah neck dan fingerboard gitar tersebut sudah nyaman di genggaman sobat, jika sobat ingin tahu warna lainnya, sobat bisa tanyakan ke penjaga toko untuk minta ditunjukkan warna lainnya.

3.      Check sound
Keliling sudah, memilih sudah, merasakan sudah, nah ini tahap paling penting, minta kepada penjaga toko untuk mencoba gitar tersebut, ada juga nih trik untuk sobat gitar sekalian, bagaimana cara check sound gitar yang akan dibeli, setelah gitar sudah terhubung ke amplifier, coba petik gitar mulai dari kolom pertama sampai terakhir, mulai dari senar 1 dan lakukan hal yang sama sampai senar 6, pastikan tidak ada suara yang ngefret (suara tidak bersih). Kedua, mainkan chord misalkan mainkan chord Amajor di low possession (dasar), dan chord Amajor high possession , atau orang biasa menyebutnya dengan “chord balok”, pastikan tidak ada suara fals, atau suara ketika di chord dasar dan balok berbeda, jika berbeda, bisa dipastikan jika neck sudah agak bengkok. Ketiga, coba sobat penuhkan satu persatu, mulai dari volume pada gitar,kemudian tonennya, dan diamkan jangan dimainkan, dengarkan apakah ada suara feedback mengganggu, seperti nge-buzz, atau terdengar bunyi “nguung…” jika demikian, minta penjaga untuk mengambilkan gitar yang sama dan coba lagi, dan pastikan semuanya aman.

4.      Sesuaikan budged
Nah yang terakhir pastikan harga gitar tersebut sesuai dengan budged sobat gitar sekalian, jangan sampai sobat sudah memilih namun budged tidak mendukung, biasakan untuk menanyakan harga pada penjaga toko sebelum membeli suatu barang.


Nah itulah tips memilih gitar elektrik yang bisa saya sharing kepada sobat gitar sekalian, jika ada kekurangan, masukan, kritik dan saran, sobat bisa isi di kolom komentar, terimakasih, salam petik dan assalamualaikum 

No comments:

Post a Comment

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...