Saturday, September 16, 2017

Cara Memilih Senar Gitar

Cara Memilih Senar Gitar
Hai hai sobat gitar sekalian, sobat pasti suka bingung kalau mau beli senar buat gitar kesayangan sobat, terkadang begitu kita masuk toko alat music dan berniat membeli senar, sobat pasti ditanya “mau yang ukuran berapa?”, tapi sobat juga belum tahu, “yang dimaksud ukuran-ukuran itu apa? Saya kan mau beli senar bukan celana” nahloh.. jangan sampai sobat malu hanya gara-gara itu, seorang gitaris bukan hanya bisa dan jago main gitar, tapi juga harus faham tentang aksesorisnya, maka dari itu sobat, kali ini saya akan membahas tentang cara memilih senar gitar yang tepat. Baca Juga Efek Gitar Digital atau Analog

Eiits.. sebelum itu, kita bahas dulu tentang jenis-jenis senar gitar
Secara umum, kita mengenal dua jenis senar gitar yaitu:

Senar Nilon (terbuat dari Nilon dan Fluorocarbon)



Senar nilon pada umumnya sering digunakan dalam musik klasik, meskipun beberapa pemusik jazz juga menggunakan string nilon.  Senar nilon adalah yang terbaik bagi pemula, karena lebih mudah dan lebih empuk terasa pada jari-jari anda saat memainkan kord dibandingkan senar baja.

Senar Baja (terbuat dari logam, polimer, nikel, stainless, perunggu, fosfor perunggu)
Senar yang terbuat dari baja (Steel String) umumnya digunakan dalam musik Rock, musik Country dan Folk karena resonansi sengau dan fleksibilitas sangat menonjol dari musik genre ini . Senar baja dibuat dengan berbagai ukuran yang berbeda. "Gauge" adalah istilah untuk menggambarkan ketebalan dari sebuah senar baja. Oleh karena itu senar baja bisa terdiri dari ukuran gauge yang ringan (tipis) sampai gauge yang tebal. Lights Gauge (ukuran senar baja yang lebih tipis) direkomendasikan untuk pemula karena terasa empuk dan mengurangi kesulitan pada waktu belajar memainkan kord.

Nah setelah sobat mengetahui jenis-jenis senar gitar sekarang kita masuk pada cara memilih senar gitar itu sendiri, cekidot.

Dalam membeli senar ditoko musik, tentunya akan banya merek semar gitar yang dipajang, namun sobat juga belum tahu banyak tentang merek gitar, kebanyakan orang khususnya bagi pemula, hanya mengetahui merek senar Pyramid, padahal masih banyak merek yang lainnya seperti :
1.   D’Addario
2.   Martin
3.   Elixir
4.   Fuji
5.   Ernie Ball
6.   Fender
7.   Gibson dll.

Diantara merek-merek diatas yang terbaik dan recommended adal D’Adario, Elixir, Martin, saya pribadi menggunakan D’Adario dan Martin, saya suka karena senar tersebut cukup nyaman dan tidak sakit ketika dimainkan.

Ukuran senar juga mempengaruhi gitar. jangan sampai kita salah memilih senar (Kebesaran). sebab bila ukurannya tidak pas, Neck akan melengkung dan gitar akan rusak. Ukuran senar biasanya telah disesuaikan oleh pembuat gitar tersebut, umumnya gitar memakai ukuran senar 0,10 dan 0,11 (Kecil). namun ada juga beberapa jenis gitar yang bisa menggunakan senar 0,12 – 0,13, bisa dilihat dari Pelana gitarnya, biasanya telah disesuaikan ukuran lubang senarnya.

Berikut macam-macam ukuran senar gitar :


Dari ukuran diatas sobat bisa memilih dan menyesuaikan dengan genre music sobat, untuk music keras biasanya menggunakan ukuran 0.10 keatas, untuk musik selain itu menggunakan 0.09-.0.10, saya sendiri menggunakan 0.09 di gitar akustik saya, dan 0.10 di gitar elekrtik saya.


Sekan sobat, untuk kririk dan saran bisa tuliskan di kolo komentar, terimakasih.

5 comments:

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di https://www.joebillyguitars.com/
    . Sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Ukuran untuk akustik biasa ny dr yg atas smpe ke bawah ukurany brp ya agan?

    ReplyDelete
  3. Senar nylon dipasang di gitar senar baja cocok ga bang? Soalnya klo pake senar baja sakit dan kadang suka putus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok aja tapi suara yg di hasilkan tidak maksimal.kalo mau pake senar nilon,lebih baik gitarnya yg type klasik..

      Delete
  4. Perbedaan senar Ernie Ball Earthwood, Everlast, dan Paradigm https://youtu.be/BExIYpF6yzo

    ReplyDelete

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...