Thursday, August 24, 2017

Istilah-istilah Dalam Bermain Gitar

Istilah-istilah Dalam Bermain Gitar

Sobat gitar sekalian, pasti pernah bermain gitar dan memainkan suatu teknik namun sobat tidak mengetahui nama dari teknik yang telah sobat mainkan tadi, dan kali ini saya akan membahas nama-nama atau istilah dalam tektik bermain gitar, baca juga Trik dasar cara tunning (stem) gitar

1.Picking
Teknik mengayunkan pick dari atas kebawah , dari bawah ke atas , atau petikan lainya yang menghasilkan suara yang berbeda , walaupun tetap pada titik yang sama.
  • Down Stroke             : Petikan dari arah atas ke bawah
  • Up Stroke                  : Petikan dari arah bawah ke atas
  • Alternative Picking   : Petikan acak dari senar satu ke senar lain dan tidak teratur
  • Sweep Picking          : Petikan sapuan dari atas kebawah atau sebaliknya tanpa terputus
  • Palm Mute (Deep)    : Petikan yang diredam bunyinya dengan tangan kanan yang agak menempel pada bridge gitar, teknik ini biasa digunakan oleh pemain rock dan musik keras lainnya.

2.Hammer-On
Teknik dengan menggunakan 2 jari tangan kiri kemudian memetik senar gitar dengan cara mengetuk (hammer/palu/memukul) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.

3.Pull-Off
Teknik dengan menggunakan 2 jari tangan kiri kemudian memetik senar gitar dengan cara mengetuk pull (mencongkel) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.sementara not Pertama masih berbunyi.

4.Legato
Legato merupakan teknik gabungan dari hammer-on dan pull-off yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan, dan di aplikasikan secara bersamaan.

5.Tapping
Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan, sehingga menghasilkan suara yang terkesan rumit dimainkan.

6.Sweep Picking
Teknik ini termasuk salah satu teknik bermaik gitar yang paling sulit menurut saya, teknik ini di mainkan seperti gerakan mengusap (sweep), dan di gunakan untuk memainkan teknik yang di sebut Sweeping, dan untuk melakukan teknik ini sobat memerlukan singkronisasi yang baik antara tangan kanan dan kiri, karena dalam praktekna kedua tangan hadus sama dan bisa menghasilkan sound yang bulat tanpa terputus.

7. Arpegio
Teknik memetik senar degan cara memecah nada dari sebuah chord atau kunci gitar secara bergantian (teratur) . Paling sering di aplikasikan untuk Sweep Picking (Sweeping) tapi arpegio juga bisa di mainkan dengan teknik lain seperti String Skipping yang di sebut "String Skipping Arpegio". 

8.Bending
Teknik ini pada dasarnya adalah meninggikan bunyi nada dengan cara di gerakan ke atas atau ke bawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari.Ada 3 macam teknik Bending, yaitu:

 -Natural Bending
Senar ditekan dengan not yang dikehendaki, lalu jari tersebut digerakan keatas atau kebawah sehingga   bunyi yang dihasilkan lebih tinggi dari bunyi not semula. Untuk senar 1(E), 2(B) dan 3(G) bending dimainkan keatas, sedangkan senar 4(D), 5(A) dan 6(E) dimainkan ke bawah.

-ReleaseBending
Bending dilakukan terlebih dahulu sebelum dipetik sehingga belum menghasilkan suara, setelah senar digerakkan ke atas kemudian senar tersebut dipetik dan dikembalikan ke not asal tanpa dipetik kembali.

-UnisionBending
Senar yang lebih tinggi atau not yang lebih rendah dari 2 not, di-bending sampai memiliki not yang sama dengan not yang lebih tinggi dan dibunyikan secara bersamaan.  


Nah itu sedikit yang bisa saya bagikan pada sobat gitar sekalian, untuk kritik dan saran bisa sobat tulis di kolom komentar, terimakasih.

2 comments:

  1. Istilah ini sering digunakan oleh semua gitaris ya gan. Terlebih pada Tab gitar. Keren gan, makasih infonya. :)

    ReplyDelete

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar

Mengenal Jenis, Ukuran, dan Cara Memilih Pick Gitar Dalam bermain gitar, tentunya kita pasti membutuhkan aksesoris tambahan diantaran...